RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Memahami pengertian Al-Qur’an dan bukti keotentikannya
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Satuan
Pendidikan
: Madrasah Aliyah Sunan Kalijaga
Mata
Pelajaran : Qur'an Hadits
Kelas/Semester : X (Sepuluh) / Ganjil
Alokasi
Waktu
: 2 x
45 menit (2 Pertemuan)
I.
Standar Kompetensi:
1. Memahami pengertian Al-Qur’an dan bukti
keotentikannya
II.
Kompetensi Dasar
1.1 Menjelaskan pengertian al-Qur’an menurut para ahli
III.
Indikator Pencapaian Kompetensi :
1.
Menguraikan pengertian al-Qur’an menurut bahasa
2.
Menjelaskan pengertian al-Qur'an menurut
beberapa pendapat para ahli.
3.
Menyimpulkan pengertian al-Qur'an dari beberapa
pendapat para ahli.
IV.
Tujuan Pembelajaran
a. Dengan metode information
search siswa dapat menguraikan pengertian al-qur’an menurut bahasa
b. Dengan metode
diskusi siswa dapat menjelaskan pengertian al-qur'an menurut beberapa pendapat
para ahli.
c. Dengan metode
diskusi siswa dapat menyimpulkan
pengertian al-qur'an dari beberapa pendapat para ahli.
V.
Nilai KArakter yang Dikembangkan
Religius,
percaya diri, kerja keras, bertanggung jawab
VI.
Materi Pembelajaran :
a.
Pengertian al-Qur'an menurut bahasa
b.
Pengertian menurut pendapat para ahli:
– Muhammad Abduh
– Muhammad Khudhari
Beik
– Muhammad Ali
al-Shabuny
– Shubhi Ash-Shalih.
VII.
Pendekatan/Metode/Strategi
a. Pendekatan : keimanan, rasional, discovery
b. Metode
: Ceramah, Tanya jawab, Cooperatif
Learning (Small Group Discussion)
c. Strategi :
Information search
c.
VIII.
Kegiatan Pembelajaran :
a.
Kegiatan Pendahuluaan
· Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat Al-Qur’an.
· Guru
menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
· Guru
menanyakan tujuan dan manfaat mempelajari al-Qur’an
b.
Kegiatan Inti
· Siswa dibagi beberapa kelompok. Setiap
kelompok 4 siswa.
· Masing-masing
kelompok membaca literatur untuk menggali pendapat para ahli tentang
pengertian al-Qur'an
· Masing-masing
kelompok mendiskusikan tentang masalah berikut:
–
Pengertian al-Qur’an menurut bahasa
–
Pengertian al-Qur’an menurut istilah
berdasarkan pendapat para ahli .
–
Persamaan dan perbedaan pengertian al-Qur’an
menurut pendapat para ahli.
–
Membuat rumusan dengan bahasa sendiri
pengertian al-Qur’an menurut istilah.
· Masing-masing
perwakilan kelompok menyampaikan hasil diskusi.
· Guru memberikan
penilaian/pengukuhan pada masing-masing kelompok
· Tanya jawab
tentang maksud yang terkandung dalam pengertian al-Qur’an
· Menyimpulkan
pengertian al-Qur’an
c.
Kegiatan Akhir
· Siswa menjawab
pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
· Guru memberikan
motivasi kepada siswa untuk memperbanyak membaca al-Qur’an.
· Guru memberikan
tugas mengerjakan soal yang telah disiapkan.
· Guru bersama
siswa mengumandangkan syair/do’a senandung Al-Qur’an secara khidmat
IX.
Penilaian :
1.
Teknik Penilaian:Tes dan non Tes
a.
Tes lisan
b.
Penugasan
2.
Bentuk instrument
a.
Tes lisan:
1.
Jelaskan pengertian al-quran menurut bahasa?
2.
Jelaskan pengertian al quran menurut para ahli,
sedikitnya 3 ahli!
3.
Berikan pengertian al-quran dengan bahsamu
sendiri!
X.
Sumber Belajar / alat :
1.
Sumber belajar
a.
Buku pelajaran siswa.
b.
Depag. Al-Qur'an dan Terjemahannya
c.
Depag, al-Qur'an dan Tafsirnya
d.
Masyfuk Zuhdi,Pengantar ulumul Qur'an
e.
Muhammad Ali Ash-Shabuuny,Studi Ilmu al-Qur'an
f.
Muhammad Amin Suma, Sudi ilmu-ilmu al-Qur'an
g.
Muhammad bin Alawi al-Maliki Al-Hasni, Zubdah
al-Itqan fi 'Ulum al-Qur'an
h.
M. Quraish Shihab, Membumikan al-Qur'an
i.
TM. Hashbi Ash-Shiddiqi, Sejarah dan Pengantar
Ilmu Al-Qur’an
2.
Alat
a.
Lcd proyektor
b.
Spidol
c.
laptop
Mengetahui,
Kepala MA
……………………………
|
…………….. …….., 20…..
Guru Mata Pelajaran
……………………………
|
Komentar
Posting Komentar