Friday, May 18, 2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( R P P ) ski mts


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Nama Sekolah                 : Mts UIN Sunan Kalijaga
Mata Pelajaran               : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas / Semester             : VII (Tujuh)  / 2  (dua)
Alokasi Waktu               : 4 x 40 Menit (2 pertemuan)

I.            STANDAR KOMPETENSI
4.  Memahami sejarah perkembangan Islam pada masa Khulafaurrasyidin
II.           KOMPETENSI DASAR
4.1 Mengambil ibrah dari prestasi-prestasi yang dicapai oleh Khulafaurrasyidin untuk masa kini dan       yang akan datang

III.          INDIKATOR
1. Menjelaskan  ibrah dari prestasi-prestasi yang dicapai oleh Khulafaurrasyidin
2. Mengimplementasikan ibrah dari prestasi-prestasi yang dicapai oleh Khulafaurrasyidin  dengan kehidupan sekarang dan yang akan datang
IV.         TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan metode inquiry siswa dapat menjelaskan ibrah dari prestasi-prestasi yang   dicapai oleh Khulafaurrasyidin
2. Dengan mengetahui ibrah dari prestasi-prestasi yang dicapai oleh khulafaurrasyidin siswa diharapkan bias mengimplementasikan dalam kehidupan sekarang dan akan datang.

V.           NILAI KARAKTER YANG DIKEMBANGKAN
Relegius, percaya diri, kerja keras, bertanggung jawab
VI.         MATERI PEMBELAJARAN
Ibrah dari prestasi –prestasi yang dicapai oleh Khulafaurrasyidin


VII.        PENDEKATAN/METODE/STRATEGI PEMBELAJARAN
a.           Pendekatan       : Rasional, discovery
b.           Metode              : Ceramah dan Tanya jawab, penugasan, diskusi
c.           Strategi : information search, inquiry, main map

VIII.       KEGIATAN  PEMBELAJARAN
A.      PENDAHULUAN
·       Guru membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa (nilai ketaqwaan dan saling menghargai), 
·       Mengecek kehadiran dan kesiapan siswa serta kebersihan kelas. (nilai disiplin )
·       Menanyakan kabar siswa (nilai peduli)
·       Guru melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan. (rasa ingin tahu)
·       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai

B.      KEGIATAN INTI

Eksplorasi
·       Siswa membaca buku tentang usaha dan jasa-jasa khulafaur Rasyidin(nilai religius, percaya diri,  kerja keras,   bertanggung jawab)
·       Membuat peta konsep tentang usaha dan jasa-jasa khulafaur Rasyidin(nilai mandiri).               
Elaborasi
·       Guru menyuruh murid secara acak untuk mempresentasikan hasil pembuatan peta konsep, murid yang lain menyimak dan bertanya (nilai percaya diri)
Kofirmasi
·       Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan. (nilai ingin tahu, menghargai keberagaman)
·       Guru menjawab pertanyaan tentang hal-hal yang belum diketahui siswa dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar. (nilai santun) 
·       Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk lebih aktif lagi dalam pembelajaran berikutnya. (nilai cinta ilmu dan peduli)

C.      PENUTUP

·       Guru dan siswa melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan. (nilai saling menghargai dan peduli)
·       Siswa dibimbing guru menyimpulkan materi pembelajaran (nilai kerja sama, tanggung jawab dan logis)
·       Guru mengakhiri pembelajaran dengan berdoa dan mengucapkan salam. (nilai ketaqwaan/Religius)
·       Keluar kelas dengan tertib pada waktunya (nilai disiplin)

VIII.       PENILAIAN
A.      Teknik Penilaian:Tes Tertulis
B.      Bentuk Instrumen:Tes Uraian
1. Jelaskan  ibrah dari prestasi-prestasi yang dicapai oleh Khulafaurrasyidin!
2. Berilah contoh tentang sikap pemimpin yang adil dan bijaksana!

IX.          SUMBER BELAJAR / ALAT
a.       Sumber Belajar
·       Buku SKI untuk MTs kelas VII penerbit Toha Putra Semarang
·       LKS SKI untuk MTs kelas VII
b.      Alat
·       Kertas Hvs
·       spidol


Yogyakarta, 1 Mei 2012
Kepala Mts UIN Sunan Kalijaga                                                                                                       Guru Mapel SKI                                           


Awalludin, S.Pd.I                                                                                                                 Awalludin, S.Pd.I

No comments:

Post a Comment