Friday, April 20, 2012

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) AZAN DAN IQOMAH


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Satuan Pendidikan      : Mts Sunan Kalijaga
Mata Pelajaran            : Fikih
Kelas/Semester           : VII/1
Pertemuan Ke-            : 8
Alokasi Waktu            : 2× 15 menit


I.                   Standar Kompetensi :
Melaksanakan tata cara azan, iqamah

II.                Kompetensi Dasar :
1.      Menjelaskan ketentuan azan dan iqamah
2.      Mempraktikkan azan dan iqamah

III.             Indikator :
1.      Dapat menyebutkan ketentuan azan dan iqamah
2.      Dapat mempraktikkan azan dan iqomah

IV.             Tujuan Pembelajaran
1.      Dengan metode ceramah dan tanya jawab siswa dapat menyebutkan ketentuan azan dan iqomah.
2.      Dengan strategi tutor sebaya siswa dapat mempraktikkan azan dan iqomah

V.                Nilai Karakter yang Dikembangkan
Kerjasama, tanggungjawab
VI.             Materi Pembelajaran
1.      Ketentuan azan dan iqomah
2.      Praktik azan dan  iqomah
VII.          Pendekatan/Metode/Strategi Pembelajaran
1.      Pendekatan:Keimanan, Demonstrasi/peragaan
2.      Metode: Ceramah, Tanya jawab
3.      Strategi: Tutor sebaya

VIII.       Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan (Apersepsi)
1.      Menarik perhatian siswa membangun motivasi(dengan berbagai variasi, persipan aktivitasnya dengan tujuan menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran)
2.      Apersepsi (menanyakan tentang materi pelajaran yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya untuk menghubungkan dengan materi yang akan dipelajari)
3.      Pre test (dengan variasi strategi, yang intinya untuk melihat seberapa jauh penguasaan peserta didik atas materi yang hendak dipelajari)
4.      Acuan (menjelaskan kompetensi dasar/indicator/tujuan pembelajaran yang akan dicapai; dan atau menyampaikan materi dan cakupan materi yang akan dipelajari)

2. Kegiatan Inti
 Eksplorasi
·         Guru menjelaskan proses pembelajaran
·         Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok sebagai persiapan diskusi.
·         Pada masing-masing kelompok, ada satu atau dua siswa yang ditugasi sebagai tutor sebaya.
Elaborasi
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk mengadakan tutor sebaya dalam melafalkan bacaan azan dan iqomah.
a.       Usai tutor sebaya, guru memberi tugas kepada siswa untuk mengumandangkan azan dan iqomah secara perlahan-lahan.
b.      Guru memperbaiki kesalahan bacaan yang terjadi pada diri siswa.
c.       Guru menyampaikan pertanyaan sebagai selingan untuk menghilangkan kejenuhan.

Konfirmasi
Guru memberikan memberikan kesimpulan dan memberi kesmpatan siswa menanyakan hal-hal yang belum dipahami.




3. Kegiatan Penutup
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya jika masih ada hal-hal yang belum dipahami.
.

IX.             Sumber Belajar/Alat
a. Sumber Belajar
1. Buku Penerapan Fikih 1 untuk Kelas VII Madrasah Tsanawiyah terbitan PT Tiga Serangkai Solo
2. LKS PAI Madrasah Tsanawiyah
3. Buku lain yang relevan
            b. Alat
             Kertas Hvs
            Hp

X.                Penilaian

1. Teknik
Tes perbuatan

2. Bentuk Instrumen
Penugasan

3. Instrumen
a. Lakukan azan secara bergantian!
b. Lakukan iqomah secara bergantian!
e. Hafalkan baik-baik lafal azan dan iqomah!


Mengetahui,
 Kepala Sekolah                                                                      Guru Al-Qur’an dan Hadis

 ......................................                                                         ...............................................
 NIP.                                                                                       NIP.

1. Tugas
1. Apakah yang dimaksud dengan azan?
 Azan ialah panggilan untuk menunaikan salat berjamaah, khususnya
salat lima waktu.
2. Berapa kali azan dikumandangkan dalam sehari semalam?
 Dikumandangkan sebanyak 10 kali.
3. Apa saja ketentuan azan itu?

No comments:

Post a Comment