Ruang Lingkup, Standar isi, Krakteristik SKI
RUANG
LINGKUP
MI
MI
Ruang lingkup Sejarah Kebudayan Islam di Madrasah Ibtidaiyah
meliputi:
a) Sejarah masyarakat
Arab pra-Islam, sejarah kelahiran dan
kerasulan Nabi Muhammad
Saw.
b) Dakwah Nabi
Muhammad Saw.. dan para sahabatnya, yang
meliputi kegigihan dan
ketabahannya dalam berdakwah,
kepribadian Nabi
Muhammad Saw., hijrah Nabi Muhammad
Saw.. ke Thaif,
peristiwa Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad Saw.
c) Peristiwa hijrah
Nabi Muhammad Saw.. ke Yatsrib, keperwiraan
Nabi Muhammad Saw., peristiwa Fatpu Makkah, dan peristiwa
akhir hayat Rasulullah
Saw.
d) Peristiwa-peristiwa
pada masa khulafaurrasyidin.
e) Sejarah perjuangan
Wali Sanga.
MTS
Ruang lingkup Sejarah Kebudayan Islam di Madrasah
Tsanawiyah
meliputi:
a) Memahami sejarah
Nabi Muhammad Saw. periode Makkah.
b) Memahami sejarah
Nabi Muhammad Saw. periode Madinah.
c) Memahami peradaban
Islam pada masa Khulafaurrasyidin.
d) Perkembangan
masyarakat Islam pada masa Dinasti Bani
Umaiyah.
e) Perkembangan masyarakat
Islam pada masa Dinasti Bani
Abbasiyah.
f) Perkembangan masyarakat Islam pada masa Dinasti Al
Ayyubiyah.
g) Memahami
perkembangan Islam di Indonesia.
MA
Ruang lingkup mata pelajaran Sejarah Kebudayan Islam di
Madrasah Aliyah
meliputi:
a) Dakwah Nabi
Muhammad Saw. pada periode Makkah dan
periode Madinah.
b) Kepemimpinan umat
setelah Rasulullah Saw. wafat.
c) Perkembangan Islam
periode klasik/zaman keemasan (pada tahun
650 M–1250 M).
d) Perkembangan Islam pada
abad pertengahan/zaman kemunduran
(1250 M–1800 M).
e) Perkembangan Islam
pada masa modern/zaman kebangkitan
(1800-sekarang).
f) Perkembangan Islam di Indonesia dan di
dunia.
STANDAR
ISI
Standar Isi adalah
kriteria mengenai ruang lingkup materi dan tingkat kompetensi
untuk mencapai
kompetensi lulusan pada jenjang dan jenis pendidikan tertentu.
PENGERTIAN
3. Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) merupakan
catatan perkembangan perjalanan
hidup manusia muslim
dari masa ke masa dalam beribadah, bermuamalah dan
berakhlak serta dalam
mengembangkan sistem kehidupan atau menyebarkan
ajaran Islam yang
dilandasi oleh akidah.
KARAKTERISTIK
4. Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) menekankan
pada kemampuan mengambil
ibrah/ hikmah
(pelajaran) dari sejarah Islam, meneladani tokoh-tokoh
berprestasi, dan
mengaitkannya dengan fenomena sosial, budaya, politik,
ekonomi, iptek dan
seni, dan lain-lain, untuk mengembangkan Kebudayaan dan
peradaban Islam pada
masa kini dan masa yang akan datang.
TUJUAN
Mata
pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Ibtidaiyah
bertujuan
agar peserta didik memiliki kemampuan-kemampuan
sebagai
berikut:
a)
Membangun kesadaran peserta didik tentang pentingnya
mempelajari
landasan ajaran, nilai-nilai dan norma-norma Islam
yang
telah dibangun oleh Rasulullah Saw. dalam rangka
mengembangkan
kebudayaan dan peradaban Islam.
b)
Membangun kesadaran peserta didik tentang pentingnya waktu
dan
tempat yang merupakan sebuah proses dari masa lampau,
masa
kini, dan masa depan.
c)
Melatih daya kritis peserta didik untuk memahami fakta sejarah
secara
benar dengan didasarkan pada pendekatan ilmiah.
d)
Menumbuhkan apresiasi dan penghargaan peserta didik terhadap
peninggalan
sejarah Islam sebagai bukti peradaban umat Islam di
masa
lampau.
e)
Mengembangkan kemampuan peserta didik
dalam mengambil
ibrah
dari peristiwa-peristiwa bersejarah (Islam), meneladani
tokoh-tokoh
berprestasi, dan mengaitkannya dengan fenomena
sosial,
budaya, politik, ekonomi, iptek dan
seni, dan lain-lain
untuk
mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam.
Mata pelajaran Sejarah
Kebudayaan Islam di MTs bertujuan agar
peserta didik memiliki
kemampuan-kemampuan sebagai berikut:
a) Membangun kesadaran
peserta didik tentang pentingnya
mempelajari landasan
ajaran, nilai-nilai dan norma-norma Islam
yang telah dibangun
oleh Rasulullah Saw. dalam rangka
mengembangkan kebudayaan
dan peradaban Islam.
b) Membangun kesadaran
peserta didik tentang pentingnya waktu
dan tempat yang
merupakan sebuah proses dari masa
lampau,
masa kini, dan masa
depan.
c) Melatih daya kritis
peserta didik untuk memahami fakta sejarah
secara benar dengan
didasarkan pada pendekatan ilmiah.
Mata pelajaran Sejarah
Kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah
bertujuan agar peserta
didik memiliki kemampuan sebagai
berikut:1)Membangun
kesadaran peserta didik tentang pentingnya
mempelajari landasan
ajaran, nilai-nilai dan norma-norma Islam
yang telah dibangun
oleh Rasulullah Saw. dalam rangka
mengembangkan
kebudayaan dan peradaban Islam.2) Membangun
kesadaran peserta didik
tentang pentingnya waktu dan tempat yang
merupakan sebuah proses dari masa lampau, masa kini,
dan masa
depan, 3) Melatih daya
kritis peserta didik untuk memahami fakta
sejarah secara benar
dengan didasarkan pada pendekatan ilmiah. 4)
Menumbuhkan apresiasi
dan penghargaan peserta didik terhadap
peninggalan sejarah
Islam sebagai bukti peradaban umat Islam di
masa lampau. 5)
Mengembangkan kemampuan peserta didik
dalam
mengambil ibrah
dari peristiwa-peristiwa bersejarah (Islam),
meneladani tokoh-tokoh
berprestasi, dan mengaitkannya dengan
fenomena sosial,
budaya, politik, ekonomi, iptek dan seni dan lain-
lain untuk
mengembangkan Kebudayaan dan peradaban Islam.
Ingin Cari Kaos Dakwah Terbaik, Disini tempatnya:
BalasHapusKaos Dakwah Eksklusif
Mau Cari Bacaan Cinta Generasi Milenia Indonesia mengasikkan, disini tempatnya:
Tips Menjaga Hubungan