Monday, November 4, 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Aqidah Akhlak



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Madrasah                      :  MTsN Gubukrubuh
Mata Pelajaran             : Aqidah Akhlak
Kelas / Semester           : VII / 1
Alokasi Waktu              : 2 x 40 menit

A.    Standar Kompetensi   :  
1.          Memahami dasar dan tujuan akidah Islam. 
 
B.     Kompetensi Dasar      :
1.1.Menjelaskan dasar dan tujuan akidah Islam.
C.       INDOKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Ø  Menjelaskan pengertian akidah Islam
Ø  Menyebutkan dasar–dasar akidah Islam
Ø  Menjelaskan tujuan akidah Islam
Ø  Menyebutkan manfaat mempelajari akidah Islam
Ø  Mengidentifikasi perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai akidah islam


D.    Tujuan Pembelajaran :

Ø  Dengan metode ceramah, interactive lecturing dan strategi information search siswa dapat menjelaskan  pengertian akidah Islam
Ø  Dapat metode acak kata dan strategi information search siswa dapat menyebutkan dasar–dasar akidah Islam
Ø  Dapat strategi information search dapat metode acak kata, serta pameran & shopping siswa dapat menjelaskan  tujuan akidah Islam,  menyebutkan manfaat mempelajari akidah Islam dan mengidentifikasi perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai akidah islam
.

E.     Materi Pembelajaran  :
Ø  Dasar–dasar akidah Islam
Ø  Pengertian akidah Islam
Ø  Tujuan akidah Islam
Ø  Manfaat mempelajari akidah Islam
Ø  Perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai akidah islam

F.     PENDEKATAN DAN Metode/STRATEGI :
Ø  Pendekatan: Keimanan, Rasional, Fungsional, Discovery
Ø  Metode/strategi: Ceramah, Interactive Learning, Penugasan, Diskusi, Information Search, Reading Aloud, Pameran & Shopping

G.    Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Waktu
Aspek life skill yang dikembangkan
Nilai yang ditanamkan
A.     Kegiatan Pendahuluan :
Apersepsi dan Motivasi :
Ø  Menarik perhatian siswa membangun motivasi (dengan berbagai variasi, persiapkan aktivitasnya dengan tujuan menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses   pembelajaran)/Ice breaking dengan permainan atau cerita.
Ø  Apersepsi (menanyakan tentang materi pelajaran yang telah dipelajari  pada pertemuan sebelumnya untuk menghubungkan dengan materi yang akan dipelajari)disebabkan pertemuan pertama jadi belum ada materi pelajaran sebelumnya
Ø  Pre Test (dengan variasi strategi, yang intinya untuk melihat seberapa jauh penguasaan peserta didik atas materi yang hendak dipelajari)Menanyakan kepada siswa tentang akidah Islam

Ø  Acuan(menjelaskan kompetensi dasar/indikator/tujuan pembelajaran yang akan dicapai; dan atau   menyampaikan materi dan cakupan materi yang akan dipelajari)

v  Kegiatan inti
Eksplorasi
Ø  Guru menjelaskan proses pembelajaran
Ø  Guru memberikan penjelasan awal tentang akidah islam
Ø  Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok kemudian per kelompok dengan strategi information search mencari informasi tentang akidah islam
Elaborasi
Ø  Siswa membaca  berbagai sumber tentang dasar dan tujuan aqidah  islam
Ø  Siswa beradu cepat memasangkan kalimat acak tentang pengertian, dasar, dan tujuan akidah Islam  
Ø  Siswa saling menilai hasil pemasangan berdasarkan apa yang telah dibaca tentang pengertian, dasar,  tujuan, manfaat mempelajari, dan mengidentifikasi perilaku yang sesuai dengan akidah Islam
Konfirmasi
Ø  Siswa  bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang masih belum jelas 
Ø  Guru memberikan penguatan, penyempurnaan tentang kesimpulan pengertian,  dasar, tujuan , manfaat mempelajari, , dan  identifikasi perilaku yang sesuai dengan akidah Islam

v  Kegiatan akhir
Ø  Guru bersama-sama peserta didik dan atau sendiri  membuat rangkuman/simpulan pelajaran
Ø  Guru melakukan  post tes dan atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
Ø  Guru memberikan tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
Ø  Mengakhiri pembelajaran secara islami
10



















































50





















       5


10


5

v  Pemahaman Konsep










§ Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama


H.    media dan Sumber belajar
a.          Media
1.   Kertas Hvs
2.   Kertas Plano
b.      Sumber Belajar
    • Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat  kursi dan terjemahnya
    • Buku Paket Aqidah Akhlaq kls VII,
    • Buku Lks Akidah Akhlak kelas VII

I.       Assessment/ Penilaian
1.      Teknik Penilaian
Ø  Tes Tulis
Ø  Tes Lisan
Ø  Non Tes
2.    Bentuk Instrumen
·         Tes Tulis
Nilai  Budaya Dan Karakter Bangsa
Indikator Pencapaian
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§ Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama

Ø Menyebutkan dasar–dasar akidah Islam
Ø Menjelaskan pengertian akidah Islam
Ø Menjelaskan tujuan  akidah Islam
Ø Menyebutkan manfaat mempelajari akidah  islam
Ø Mengidentifikasi perilaku yang sesuai dengan nilai- nilai akidah islam
Tes Tulis


Tes Tulis


Tes Tulis


Tes Tulis




Tes Tulis 
Jawab Singkat

  Uraian


Uraian


Jawab Singkat



Jawab Singkat
Ø   Sebutkan dasar–dasar akidah Islam ?
Ø   Jelaskan  pengertian akidah Islam ?

Ø   Jelaskan  tujuan akidah Islam ?

Ø   Sebutkan beberapa manfaat mempelajari akidah  islam!



Ø   Sebutkan contoh perilaku yang sesuai dengan akidah  islam!


·         Pengamatan
No
Nama
Aspek yang dinilai
Jumlah Skor
Perhatian
Keaktifan
Tanggungjawab
    1.  





    1.  





    1.  





    1.  





    1.  





    1.  







Mengetahui
Guru Pembimbing


SAMRODIN, S.Pd.I
NIP: 197707072007101006

Gubukrubuh, 11 Juli 2013
Praktikan  Aqidah Akhlak


AWALLUDIN
NIM: 09410292

No comments:

Post a Comment