Kamis, 17 Mei 2012

RPP AKIDAH MTS Menerapkan Akhlak Terpuji Kepada Allah

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah             :  MTs Sunan Kalijaga
Mata Pelajara              :  Aqidah Akhlak
Kelas/Semester          :  VII/I
Alokasi waktu              : 1 x 15 Menit

I.  Standar Kompetensi   :
3.Menerapkan Akhlak Terpuji Kepada Allah

II. Kompetensi Dasar      :
3.1.1 Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh sikap ikhlas, taat, khauf dan taubat

III. Indikator:  
3.2.1. Menyebutkan bentuk dan contoh dari sikap ikhlas
3.2.2. Menyebutkan bentuk dan contoh dari sikap taat
3.2.3. Menyebutkan bentuk dan contoh dari sikap khauf
3.2.4. Menyebutkan bentuk dan contoh dari sikap taubat.


IV.  Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan metode ceramah  siswa dapat mengidentifikasi perilaku ikhlas, taat, khauf, dan taubat.
2. Dengan metode tanya jawab siswa dapat menyebutkan bentuk dari sikap ikhlas, taat, khauf dan taubat
3. Dengan  strategi game kuis siswa dapat menyebutkan contohkan perilaku ikhlas,taat, khauf dan taubat.

V. Nilai dan Karakter yang dikembangkan:
Ikhlas, taat, khauf, taubat, semangat berkompetisi

VI. Materi ajar/materi pembelajaran
Bentuk dan contoh ikhlas, taat, khauf, dan taubat
Cakupan materi
Bentuk dan contoh perilaku ikhlas, taat, khauf dan taubat

VII. Pendekatan/metode/strategi
Pendekatan:Keimanan, Rasional, Discovery
Metode:Ceramah dan Tanya jawab(interaktif learning), penugasan
Strategi: Power point presentation

VIII. Kegiatan pembelajaran
a. Kegiatan Pendahuluan :
1. Menarik perhatian siswa membangun motivasi(dengan berbagai variasi, persipan aktivitasnya dengan tujuan menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran)
2. Apersepsi (menanyakan tentang materi pelajaran yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya untuk menghubungkan dengan materi yang akan dipelajari)
3. Pre test (dengan variasi strategi, yang intinya untuk melihat seberapa jauh penguasaan peserta didik atas materi yang hendak dipelajari)
4. Acuan (menjelaskan kompetensi dasar/indicator/tujuan pembelajaran yang akan dicapai; dan atau menyampaikan materi dan cakupan materi yang akan dipelajari)

b. Kegiatan inti.
- Eksploirasi    : Guru menyampaikan materi tentang ikhlas, taat, khauf dan taubat.
- Elaborasi      : Siswa mengidentifikasi perilaku ikhlas, taat, khauf dan taubat.
Guru bersama siswa mengadakan game kuis
- Konfirmasi :   Guru memberikan penegasan tentang materi yang disampaikan.

c. Kegiatan akhir.
-Kesimpulan : Guru bersama siswa menyimpulkan materi ini.
-Refleksi : Guru bersama siswa melakukan refleksi tentang materi ini, bermanfaat atau tidak ? menyenangkan atau tidak ?.
-Tindak lanjut : Siswa menjawab pertanyaan dari guru (seandainya siswa tidak bisa  menjawab, guru mengulang kembali, sebaliknya kalau siswa sudah bisa menjawab, guru menugaskan siswa membaca buku tentang materi yang akan datang)
-Guru memberikan tugas individu kepada seluruh siswa tentang materi diatas.
IX.  Penilaian
1.   Teknik :
a.  Tes Tulis
2.   Bentuk instrument  : Essay
Soal Ujian
1.Tulislah 5 contoh perilaku ikhlas !
2.Tulislah 5 contoh perilaku Taat !
3.Tulislah 5 contoh perilaku Khauf !
4.Tulislah 5 contoh perilaku Taubat !
5.Jelaskan pengertian khauf d  !
6.Bagaimanakah maksud seseorang berbuat baik dengan riya ?
7.Bagaimanakah maksud orang yang bertaubat berarti menyesal ?
8.Bagaimanakah seseorang dikatakan taat ?
9.Sebutkan syarat – syarat taubat nasuha !

X.  Alat atau Sumber Belajar
Sumber Belajar:
1. Buku Aqidah Akhlak Kelas VII Departemen Agama
2. Buku Aqidah Akhlak Kelas VII Tiga Serangkai
3. Buku Aqidah Akhlak Kelas VII Toha Putra
4. Buku Aqidah Akhlak Kelas VII Arya Duta

Alat
1.   Kartu
2.   Spidol






Mengetahui                                                                                         Yogyakarta, 1 Mei 2012
Kepala Madrasah                                                                                Guru Mata Pelajaran



                                                                                                             AWALLUDIN S.Pd.I
Nip.                                                                                                     Nip.





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar