Ikhlas,Taat, Khauf dan Taubat

Pengertian dan pentingnya ikhlas,taat, khauf Dan taubat

1.IKHLAS

 Ikhlas adalah sikap kta mengambil resiko dengan lapang dada(tidak iri dengki atau penyakit hati apapun),dan percaya bahwa Allah akan memberi pengganti yg jauh lebih Baik lgi,dri apa yg kta korbankan… memang utk sbagian orang,ikhlas itu tidak mudah,karena mungkin mreka tidak yakin akan KEBESARAN ILLAHI RABBI,bahwa Allah adalah yang maha adil… Firman Allah: “Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu’,”(QS.  Al Baqarah 2:45)

 2.TAAT

Beribadah secara Lillahitaalla (ikhlas) selalu taat, merupakan salah satu cara untuk mendekatkan diri dan sangat disukai oleh Allah dan Rasul-Nya. Taat secara bahasa adalah senantiasa tunduk dan patuh, baik terhadap Allah, Rasul maupun ulil amri. Hal ini sudah tertuang didalam Qs An Nisa ayat 59.

 3. KHAUF

Khauf (rasa takut kepada Allah) adalah cambuk Allah swt untuk menggiring hamba-hambaNya menuju ilmu dan amal agar mereka mendapatkan kedekatan dengan Allah swt. Khauf inilah yang mencegah diri dari perbuatan maksiat dan mengikatnya dengan bentuk-bentuk ketaatan.

 4. TAUBAT

Menurut bahasa, adalah kembali, dan menurut istilah adalah kembali mendekat pada Allah setelah menjauh dari-Nya. Hakikat taubat adalah, menyesal terhadap apa yang telah terjadi, meninggalkan perbuatan tersebut saat ini juga dan be-azam yang kuat untuk tidak mengulang perbuatan tersebut dimasa yang akan datang. Allah memerintahkan untuk bertaubat.Allah mengulang perintah tersebut 87 kali.Allah juga memerintahkan Rasulullah untuk bertaubat.
"Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang orang yang beriman supaya kamu beruntung"(QS. An -Nur 31)“. Dalam ayat yang lain Allah berfirman: Hai orang -orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubat yang semurni-murninya" (QS. At-Tahrim 8). Rasulullah bersabda:"Wahai manusia, bertaubatlah kepada Allah sesungguhnya saya bertaubat kepada Allah dalam sehari 100kali"(HR. Muslim)
 Siapa yang tidak bertaubat kepada Allah berarti dzalim terhadap dirinya.

Komentar

  1. Kalau dilengkapi dengan gambar dan video tambah bagus tuh...

    BalasHapus
  2. pak kalau dilenkapi sama gambar tambah bagus pak karena kalau anak-anak mecari tugas jadi lebih gampang

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer